Selasa, 29 Mei 2012

pantai ngobaran

ngobaran beach
pantai ngobaran gunung kidul yogyakarta
Pantai Ngobaran masih merupakan gugusan pantai selatan yang ada di Gunung Kidul. Keindahan Pantai ini dapat di nikmati dari atas bukit.


Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Tapi yang tak terdapat di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Apakah itu bentuk multikulturalisme? Siapa tahu.

Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan (bukan Kejawen lho). Nama "Kejawan" menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.



pokoknya goog is very good dech itu pantai ngobaran, yach walau pantai ini jauh dari pusat kota yogyakarta tapi pantai ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, pantai ngobaran ini banyak yang bilang adalah balinya kota yogyakarta. emang masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pantai-pantai indah tersebut..

cocok liburan keluarga

Tidak ada komentar: