TUGAS
MAKALAH
MOTOR
BAKAR
TEKNOLOGI
BARU YAMAHA MIO J
Disusun Oleh :
Lilik Purnomo (20090130040)
JURUSAN
TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2012
TEKNOLOGI YAMAHA MIO J
Spesifikasi
Mesin Mio J
Menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2valve, SOHC,
berpendingn kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga
hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8.5 Nm di
5.000 rpm.
Yamaha selalu saja menghadirkan hal-hal yang sering membuat
konsumen kagum dan bahkan membuat kompetitornya berfikir bolak-balik untuk bisa
mengimbangi sepeda motor hasil racikan engineer Yamaha. Teknologi-teknologi
yang diciptakan dan kemudian diaplikasikan pada sepeda motor produksi mereka,
merupakan langkah berani disaat perusahaan lain sepertinya enggan untuk
menyentuh perubahan dan perkembangan sepeda motor dari sisi teknologi. Dan
kini, Yamaha Mio J diciptakan dengan membawa teknologi-teknologi terbaru
sehingga membuat Yamaha Mio J memiliki performa mesin yang lebih repsonsif dan
konsumsi bahan bakar yang lebih irit.
A.
Advanced Low
Friction Technology
Advanced Low
Friction Technology
dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada
mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu
mesin yang terkontrol dengan baik. Low Friction Technology diaplikasikan
pada bagian Rocker Arm, Cam Shaft dan Crank Shaft Assy
dengan ditambahkan bearing khusus sehingga putarannya lebih lembut dan effect
panasnya sangat rendah. Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi
dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.
"Semakin Cepat".
B.
DiAsil Cylinder
& Forged Piston
Sejak DiAsil
Cylinder dan Forged Piston digunakan pada mesin-mesin sepeda motor
produksi Yamaha, hal ini membuat mesin-mesin tersebut lebih irit konsumsi bahan
bakar dan memiliki performa yang lebih stabil. Hal ini karena DiAsil
Cylinder dan Forged Piston mampu menjaga kestabilan clearance antara
piston dengan dinding silinder sehingga mesin akan selalu mampu menciptakan
kompresi yang tinggi dan stabil "Semakin Irit".
Kompresi tinggi akan tetap terjaga karena material DiAsil
Cylinder tidak full terbuat dari bahan besi tapi dicampur dengan silikon,
sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi
lebih dinamik (dinding silinder fleksibel). Sedangkan piston clearance
akan tetap stabil karena jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil
Cylinder terjaga. Mesin akan lebih awet karena gesekan pada dinding DiAsil
Cylinder dan Forged Piston lebih kecil.
C.
Brushless Fuel
Pump
Jika
diperhatikan dari namanya, ini merupakan teknologi baru dari pompa bahan bakar
(fuel pump). Brushless bisa diartikan "tanpa brush" atau "tidak
menggunakan brush". Berarti pompa bahan bakar jenis ini tidak lagi
menggunakan prinsip-prinsip motor listrik dengan karbon brush yang telah lama
digunakan.
Brushless Fuel
Pump mampu
menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dari pada jenis pompa bahan bakar
pendahulunya; berukuran lebih kecil bahkan sangat kecil; konsumsi listrik lebih
rendah; bebas perawatan karena tidak lagi menggunakan brush karbon;
mampu mengontrol tekanan injeksi yang lebih stabil.
D. MAQS (Modulated Air Quantity
Sensor)
Fungsinya
menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya
terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure
Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).
E. YMJET-FI
YMJET-FI atau
Yamaha Mixture Jet Fuel Injection menjadi keunggulan Yamaha Mio J.
Makanya kemudian ada penambahan huruf J yang menggambarkan kehebatan teknologi
JET pada mesin Mio J. Dengan menggunakan YMJET-FI ini berarti Yamaha Mio J
bebas perawatan dan penyetelan karburator, karena semua kebutuhan suplai bahan
bakar telah diserahkan pada YMJET-FI.
Gambar diatas menunjukan bahwa hasil semprotan YMJET FI lebih halus dari
pada sistem injeksi bahan bakar biasa. Kualitas semprotan bahan bakar sangat
mempengaruhi kualitas pembakaran dan konsumsi bahan bakar. Semakin halus bahan
bakar yang disemprotkan semakin sempurna proses atomisasi antara udara dan
bahan bakar, semakin sempurna pembakaran diruang bakar, tenaga yang dihasilkan
pun maksimal, emisi gas buang yang ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar
yang lebih irit. Proses atomisasi antara udara dan bahan bakar yang tidak
sempurna merupakan salah satu penyebab detonasi pada mesin dan borosnya
konsumsi bahan bakar. YMJET-FI mampu menciptakan hasil semprotan bahan bakar
yang sangat halus "It's Magic".
"Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu
membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas
buangnya juga lebih ramah lingkungan." jelas M.Abidin, Asisten General
Manager Service Yamaha Indonesia.
F. ECU (Electronic
Control Unit)
YMJET-FI akan mampu memberikan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin,
hal ini karena fuel injection dibantu oleh sebuah sistem kecedasan yang disebut
ECU (Electronic Control Unit). Sistem
ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang
tertanam pada beberapa bagian penting mesin. Beberapa sensor itu diantaranya;
sensor TPS (Throttle Position Sensor),
IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC
(Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor
itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor
mesin melalui hasil olah digital ECU agar mampu menyuplai bahan bakar sesuai
kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.
G. CVT Yamaha Mio J
Yamaha Mio J ini
memiliki akselerasi yang lebih responsif sejak bagian bawah hingga menengah.
Efek yang mau didapat adalah, performannya responsif dan tetap hemat bahan
bakar. Roller pun lebih ringan 1 gram. Dari 10,5 gram jadi 9,5 gram. Gigi rasio
juga beda. Mio J, 15/47 mata. Sporty, 13/41 mata. Sedang lebar belt nya 18,5
mm.
H.
Suspensi
Suspensi Yamaha Mio J= suspensi depan menggunakan teleskopik dan
belakang menggunakan Shockbreaker tunggal. Skutik ini relative lebih empuk
ketimbang Yamaha Mio Sporty.
I.
Hasil Pengujian Konsumsi BBM
Hasil
Perbandingan Bahan bakar
Dari hasil
pengujian konsumsi BBM. Ternyata jarak yang ditempuh adalah 63.4km. menghabiskan
bensin sekitar 1.03 liters. Sehingga konsumsi bahan bakarnya adalah 61.5
km/liter. Motor dikendarai secara normal. Konsumsi BBM skutik ini tercatat yang
paling irit, akselerasi yang diatas rata-rata, harga yang kompetitif termasuk strong
point skutik Yamah.
J.
Kelemahan Dan Kelebihan Mio J
Kelemahan
utama Mio J ini adalah belum dilengkapi side stand switch sebagai salah
satu fitur safety, walau demikian fitur yang lain seperti secure key
shutter telah ditambahkan pada versi mio J ini. Dan motor Mio J harus
selalu menggunakan bensin yang bersih.
Kelebihan
Mio J bisa dirasakan langsung dari segi fisiknya. Tempat duduk yang luas dan
lebih panjang, sehingga nyaman untuk berboncengan, lampu sein depan yang
mengkilap tajam seperti pandangan mata, sehingga lebih jelas dan terang,
spidometer baru dan bagasi cukup luas. Yangtidak ketinggalan adalah berat motor
hanya 92kg, membuat pengendara lebih mudah untuk menghandlingnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar